Rabu, 05 Maret 2014

lingkungan hidup adalah anugrah sang pencipta

 Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Presentation Transcript

  • By: Kornelis Ruben, SS Pel. 13 Menjaga Kelestarian Lingkungan HIdup
  • Indikator Siswa dapat : • menceritakan contoh-contoh kasus perusakan alam • Menyebutkan penyebab kerusakan alam dan akibatakibatnya • Menjelaskan pandangan Kristiani tentang pemeliharaan dan pelestarian alam ciptaan • Menceritakan pengalaman St. Fransiskus Asisi yang cinta akan lingkungan hidup • Menyebutkan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup • Menyusun rencana untuk membuat gerakan cinta lingkungan hidup di sekolah dan rumah
  • Doa Pembukaan • Kami bersyukur kepada-Mu Bapa, atas anugerah lingkungan hidup yang indah permai. Hutan belantara dan segala mahluk telah Engkau ciptakan. Kami juga ciptaan-Mu yang telah Engkau percayakan menjaga, memelihara dan melestarikan alam ciptaan-Mu. Engkau Tuhan Pencipta segala sesuatu, berkuasa atas segala ciptaan. Beri kami kemampuan untuk menjaga, memelihara dan melestarikan ciptaan-Mu. Semoga oleh kuat kuasa Roh Kudus-Mu menyadarkan kami semua untuk memegang teguh kepercayaan-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin
  • Lagu: “Kulihat Ibu Pertiwi” • Menyaksikan dan Mendengarkan sebuah surat dalam cuplikan slide berikut:
  • Kesimpulan • Kekeringan berkepanjangan disebabkan oleh ulah manusia sendiri yang tidak menjaga keseimbangan ekosistem • Kerusakan lingkungan membawa akibat yg mengancam kehidupan manusia sendiri: kesehatan, kesejahteraan, pendidikan dan keselamatan • Kerusakan lingkungan hidup terjadi dalam bentuk: penebangan hutan utk industri, pemukiman liar, pembuangan sampah atau limbah industri sembarangan, pembunuhan binatang. Jadi kerusakan lingkungan terjadi karena ulah manusia sendiri • Sangat penting tumbuhnya suatu kesadaran bersama untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem atau melestarikan lingkungan hidup. Inisiatif setiap orang akan sangat membantu kelestarian lingkungan hidup
  • Pendalaman Kitab Suci
  • Pertanyaan Refleksi 1. Kata-kata atau teks mana yang mengesankan bagimu? Jelaskan! 2. Dalam ayat 26 Tuhan berfirman, “"Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.“ Apakah artiny ayat ini? 3. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk melestarikan lingkungan hidup pada masa sekarang?
  • Intisari dari Kej 1:26-31 • Allah adalah pencipta seluruh alam semesta. Dia mengubah kekacauan dan ketidakteraturan menjadi kehidupan dan keteraturan • Alam semesta dengan segala isinya diciptakan oleh Allah dalam keadaan baik. Manusia menjadi puncak karya penciptaan-Nya. Manusia diciptakan seturut gambar dan rupa Allah dan memperoleh kehidupan dari hembusan Roh Allah sendiri.
  • • Manusia mendapat kepercayaan dari Allah sebagai penjaga, pemelihara, dan pengelola dunia ciptaan supaya semuanya tetap dalam keadaan baik dan berkembang ke arah kebaikan sebagaimana direncanakan oleh Allah sejak semula • Dalam kenyatannya, manusia sering kali menyalahgunakan kepercayan yg diterimanya dari Allah demi kepentingannya sendiri. Manusia bukan merawat ciptaan, melainkan merusaknya. Manusia memandang alam hanya sebagai objek utk memenuhi kebutuhannya sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia mau memanfaatkan alam, tetapi mengabaikan usaha untuk memeliharanya. Manusia mengabaikan tugasnya utk mengelola alam ciptan dengan baik.
  • Kisah Fransiskus Asisi • Fransiskus sedang berada di sebuah pulau. Pada suatu pagi ia berjalan-jalan. Setibanya di bawah pohon yg rindang, langkahnya berhenti. Mukanya berubah serius. Kepalanya ditelengkannya. Agaknya, Fransiskus sedang menyimak sesuatu melalui pendengarannya. “Apa yang didengarnya? Bapak Fransiskus nampak serius betul,” pikir seorang imam, pengikutnya. Imam itu lalu menghampiri Fransiskus. Imam itu berjalan pelan-pelan. Karena takut kalau-kalu perbuatannya mengganggu keasyikan Bapa Fransiskus. • Selang beberapa saat kemudian, Fransiskus berpaling kepadanya.
  • • “Aku sedang mendengarkan percakapan burung-burung itu,” katanya sambil menunjuk ke atas. “Kamu dengar?” • “Saya mendengar kicau mereka?” jawab pengikutnya. • “Ah, sayang kamu tidak mengerti. Sebenarnya, mereka bukan asal berkicau. Mereka sedang memuji Tuhan dengan bahasa mereka!” tukas Fransiskus sungguh-sungguh. Lalu kembali kepalanya ditelengkanya. Untuk mulai mendengarkan lagi. Hingga pada saat berikutnya... • “Burung sedang memuji Tuhan. Ayo kita temani. Kita panjatkan mada pujian bagi Allah, bersama mereka” ajaknya. Lalu, ditingkah suara burung yang merdu, Fransiskus dan imam itu memanjatkan sebuah madah. Sebuah pujianuntuk meluhurkan kebesaran dan kemuliaan Tuhan Sang Pencipta yang Maha Kuasa. • Fransiskus menyenangi burung. Sebaliknya, hewan itu juga akrab dan suka padanya.
  • Menyimak Video: Fauna
  • Evaluasi Kerjakan di Buku PS 1. Sebutkan dan ceriterakan salah satu contoh kasus perusakan 
  • lingkungan alam ciptaan! 2. Bagaimanakah pandangan Kristiani tentang pemeliharaan dan pelestarian alam ciptaan? Jelaskan 3. Ceritakan pengalaman st. Fransiskus Asisi yang cinta akan lingkungan hidup! 4. Bila kamu dipercaya untuk menangani lingkungan di sekolahmu, apakah yang akan kamu lakukan? 5. Buatlah suatu rencana konkret untuk membuat gerakan cinta lingkungan hidup di sekolahmu!
  • sumber: http://www.slideshare.net/KornelisRuben/pel-13-menjaga-kelestarian-lingkungan-hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar